• Fri. Jul 1st, 2022

Wahana Informasi

Memberi Inspirasi Untuk Negeri

5 Cara Ciptakan Rumah yang Sehat dan Nyaman untuk Keluarga

ByWulan

Apr 23, 2022

Rumah merupakan sebuah hunian dimana Anda dan keluarga tinggal. Oleh sebab itu, menciptakan rumah yang sehat sekaligus nyaman sangat diperlukan. Rumah yang bersih akan menciptakan rumah sehat untuk keluarga. Rumah sehat tentu akan memberikan kenyamanan bagi keluarga.

Kebersihan adalah hal utama yang perlu diperhatikan untuk menciptakan rumah sehat. Akan tetapi, alasan banyaknya pekerjaan membuat kebersihan rumah sering terabaikan. Rumah sering tidak diurus sehingga kotor dan berantakan.

Rumah yang kotor dan berantakan pasti membuat penghuninya menjadi tidak nyaman untuk tinggal. Tidak hanya itu, banyaknya debu dan kotoran yang menumpuk mengakibatkan kesehatan keluarga terganggu. Solusi untuk menciptakan rumah sehat tentu adalah berbenah dan membersihkan rumah. Setelah berbenah dan bersih-bersih diharapkan rumah kembali menjadi sehat dan nyaman untuk dihuni.

Menciptakan rumah yang sehat sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut agar hunian menjadi sehat dan nyaman. Berikut penjelasannya

1. Bersihkan lantai setiap hari

Aktivitas rutin yang harus Anda lakukan setiap hari untuk menciptakan rumah sehat yaitu membersihkan lantai. Anda harus menyempatkan waktu untuk menyapu lantai rumah setiap hari. Bersihkan seluruh bagian lantai rumah, mulai dari kamar hingga ruang tamu.

Agar lantai rumah lebih bersih, Anda juga bisa mengepelnya. Mengepel lantai rumah memang disarankan untuk dilakukan setiap hari. Akan tetapi, jika Anda tidak mempunyai waktu yang cukup, Anda bisa menjadwalkan mengepel lantai dua hari sekali.

Saat mengepel lantai, tambahkan cairan antiseptik pada air untuk mengepel. Tujuannya untuk meminimalisir bakteri dan virus yang ada pada lantai rumah. Lantai merupakan bagian terkotor dari rumah karena sering dilalui atau diinjak oleh sandal maupun sepatu yang kotor. Untuk itu, sangat perlu untuk membersihkan lantai setiap hari.

2. Bersihkan debu pada perabot rumah

Dalam aktivitas membersihkan rumah, Anda tidak boleh melewatkan kebersihan perabot. Debu-debu halus biasanya menempel pada perabot rumah. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kemoceng. Kemoceng juga bisa membantu menjangkau perabot-perabot rumah yang susah untuk dibersihkan.

Debu yang dibersihkan menggunakan kemoceng biasanya masih menyisakan debu halus yang tak terlihat. Agar perabot rumah tetap terjaga kebersihannya, Anda bisa menggunakan kain lap basah untuk mengelap debu yang menempel pada perabot rumah.

Gunakan kain lap bersih yang dicelupkan ke air. Lap dan gosok perlahan perabot rumah yang sebelumnya dibersihkan menggunakan kemoceng. Agar lebih maksimal, Anda bisa menyemprotkan desinfektan setelah perabot kering agar perabot terhindar dari bakteri dan virus.

3. Buang sampah secara rutin

Tumpukan sampah di dalam rumah merupakan sarang bakteri dan virus. Sampah yang tidak dibuang akan menimbulkan pemandangan dan bau yang tidak sedap. Untuk itu, sebisa mungkin sampah yang ada di dalam rumah tidak dibiarkan menumpuk apalagi dalam waktu yang lama.

Agar rumah menjadi sehat dan nyaman, Anda juga harus membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Jangan membiarkan sampah berserakan, misalnya bekas plastik makanan di meja makan, tisu bekas pakai di lantai, dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda membuang sampah setiap hari agar rumah tetap sehat dan nyaman. Kumpulkan sampah yang berserakan dan jadikan satu dengan sampah-sampah lain di dalam rumah. Buang sampah-sampah tersebut ke tempat pembuangan sampah. Bagi Anda yang tinggal di lingkungan komplek, Anda bisa membuang sampah pada bak sampah yang sudah disediakan. Bak sampah tersebut nantinya akan diangkut oleh petugas kebersihan.

Membuang sampah tidak membutuhkan waktu lama. Agar rumah tetap sehat dan nyaman untuk ditinggali, mulailah kebiasaan baik membuang sampah hari ini.

4. Mencuci karpet secara berkala

Bagi Anda yang menggunakan aksesoris karpet pada rumah, usahakan untuk mencuci karpet secara berkala. Seringnya Anda maupun anggota keluarga lainnya menginjak dan duduk di atas karpet membuat debu mudah menempel pada karpet. Jadi, tidak mengherankan jika karpet menjadi sarang bakteri dan virus.

Rumah yang sehat adalah rumah yang bebas dari bakteri dan virus. Untuk membersihkan bakteri dan virus, Anda harus mencuci aksesoris seperti karpet secara berkala. Karpet yang bersih akan menciptakan ruangan yang indah dan nyaman untuk dipandang. Jika Anda malas untuk mencuci karpet, Anda bisa menggunakan jasa cuci karpet. Agar karpet bersih maksimal, pastikan untuk menyemprotkan desinfektan pada karpet setelah dicuci.

5. Membuat jadwal rutin membersihkan AC

Bagi Anda yang mempunya AC atau Air Conditioner di rumah, jangan lupa untuk membuat jadwal rutin membersihkannya. AC merupakan salah satu bagian yang cukup berpengaruh terhadap kualitas udara di dalam rumah. Rumah dengan kualitas udara yang baik dan bersih akan menciptakan rumah sehat dan nyaman.

Pastikan untuk membersihkan AC secara menyeluruh minimal 3 bulan sekali. Anda bisa membersihkan sendiri maupun menggunakan jasa membersihkan AC. Untuk menciptakan udara yang bersih, Anda juga harus sering membuka jendela pada siang hari agar sirkulasi udara menjadi lancar.

Nah, itulah tadi 5 cara ciptakan rumah yang sehat dan nyaman untuk keluarga. Untuk menciptakan rumah yang sehat dan nyaman tidak selalu ribet. Kunci utamanya adalah rutin dan rajin melakukan kelima hal di atas.